Awal Uji Coba Vaksin Diabetes ke Manusia

posted in: Artikel | 0

Pada saat ini Amerika Serikat telah melakukan uji coba untuk membuktikan keampuhan vaksin diabetes yang telah memasuki tahap uji coba kedua.

Sejak hari ini Vaksin generik yang dinamakan dengan bacillus Calmette-Guerin hasil pengembangan dari Dr. Denise Faustman ini telah mendapatkan persetujuan untuk diuji cobakan pada manusia

Dr. Denise Faustman (direktur Laboratorium Immunobiology di Rumah Sakit Umum Massachusets) mengembangkan vaksin bacillus Calmette-Guerin untuk membantu pengobatan pada penderita penyakit diabetes tipe I.

FDA (Badan Pengawasan Makanan dan Obat di Amerika) telah memberikan persetujuan untuk uji coba yang memasuki tahap kedua pada tanggal 7 Juni 2015.

FDA memastikan bahwa vaksin bacillus Calmette-Guerin adalah vaksin satu-satunya yang bisa membalikkan fungsi kerja pankreas yang sebelumnya telah berhasil melalui proses uji coba yang dilakukan pada hewan.

Dalam uji coba tersebut para ilmuwan akan memilih sekelompok pasien diabetes tipe I untuk menggunakan vaksin bacillus Calmette-Guerin dan penelitian yang lebih lanjut pada pasien akan terus dilakukan hingga 5 tahun berikutnya.

Hasil publikasi dari Examiner pada tanggal 8 Juni 2015 mengungkapkan bahwa dalam uji coba ini para ilmuwan  akan memilih kelompok penderita diabetes yang berusia antara 18 sampai 60 tahun.

Para peneliti akan melakukan evaluasi terhadap efektivitas dari vaksin bacillus Calmette-Guerin pada sebanyak mungkin populasi yang ada.

Rencananya pada prakteknya nanti akan ada 150 penderita diabetes yang berpartisipasi untuk menerima suntikan awal yang akan bekerja selama 2 minggu ke depan.

Kemudian suntikan selanjutnya akan diberikan pada 150 penderita diabetes tersebut setiap tahun sekali yang akan dilakukan selama 4 tahun berturut-turut.

Penderita diabetes tipe I dan penderita diabetes tipe II memiliki gejala khas yang berbeda dimana pasien diabetes tipe I memang tidak bisa memproduksi insulin dengan interval yang tidak bisa dikontrol karena Langerhans di Pankreas gagal berfungsi.

Penderita diabetes tipe I biasanya cenderung memiliki ketergantungan pada suntikan insulin sedangkan penderita diabetes tipe II masih bisa mengonsumsi obat yang dilakukan secara oral.

Para ilmuwan yang terlibat di dalam uji coba tersebut telah sepakat untuk menguji coba vaksin bacillus Calmette-Guerin ini karena sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari FDA

Vaksin bacillus Calmette-Guerin telah terbukti sangat ampuh dalam mengatasi penyakit TBC dan kanker kandung kemih.

Karena diabetes termasuk jenis penyakit autoimun maka diperkirakan bahwa vaksin bacillus Calmette-Guerin juga memiliki efektivitas yang sama terhadap penderita diabetes.

Pada uji coba yang dilakukan pada hewan menunjukkan hasil penyembuhan yang sangat jelas dan adanya pembalikan fungsi kerja pankreas untuk penderita diabetes tipe I dalam waktu yang lama.

Sebenarnya uji coba yang dilakukan pada manusia ini dilakukan bukan untuk mengatasi secara penuh penyakit diabetes tipe I  walaupun hal ini bisa saja terjadi.

Langkah awal adalah dengan mengukur efektivitas vaksin dalam menjadi kadar insulin. Ide awalnya adalah dengan memberikan pengobatan yang terkontrol dengan baik dan aman pada pasien diabetes tipe I.

Para ilmuwan meramalkan bahwa jika uji coba yang dilakukan pada manusia ini berhasil maka kemungkinan besar vaksin ini akan siap untuk dipasarkan ke masyarakat bebas pada 10 tahun yang akan datang.

Leave a Reply