Kemungkinan Diabetes Berasal Dari Usus

posted in: Blog | 0

Kemungkinan Diabetes Berasal Dari Usus

Hingga saat ini patogensis diabetes tipe- 2 masih menjadi misteri. Belum lama ini ada penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat yang telah berhasil mendapatkan penemuan mengenai penyakit ini.

Para peneliti yang berasal dari Washington University School of Medicine, St Louis menemukan bahwa ciri khas dari diabetes yaitu masalah pengendalian gula darah kemungkinan berasal dari peradangan usus.

Penemuan yang dipublikasikan oleh jurnal Cell Host & Microbe ini kemungkinan besar bisa merubah berbagai pandangan lama yang berhubungan dengan penyebab dari penyakit diabetes.

Banyak ilmuwan yang telah meneliti organ pankreas dan hati karena pankreas menghasilkan insulin sedangkan hati adalah tempat penyimpanan gula, namun sayangnya penelitian tersebut tidak membuahkan hasil.

Di dalam penelitian itu para peneliti mempelajari tikus yang tidak bisa menghasilkan FAS atau fatty acid synthase (sintase asam lemak) di dalam usus.

Insulin mengatur enzim dan hal ini sangat penting untuk proses pembentukan asam lemak. Tikus yang tidak memiliki enzim itu mengembangkan peradangan kronis di usus, prediktor kuat diabetes.

Clay F. Semenkovich, MD yang merupakan peneliti utama mengatakan, “Mungkin saja diabetes dimulai dari usus anda.”

Clay F. Semenkovich, MD menambahkan, “Pada saat seseorang menjadi resisten terhadap insulin, seperti yang terjadi pada saat mereka menambah berat badan, Fatty Acid Synthase tidak akan bekerja dengan normal yang pada akhirnya bisa mengakibatkan peradangan yang dalam jangka panjang bisa menyebabkan diabetes.”

Proses terjadinya peradangan tersebut tidak lepas dari terjadinya perubahan flora usus. Tanpa Fatty Acid Synthase tidak akan ada lapisan lendir (mukosa usus) yang melindungi bagian dalam usus.

Setelah itu sel-sel usus akan ditembus oleh bakteri-bakteri jahat yang bisa mengakibatkan peradangan. Resistensi insulin dan peradangan inilah yang saling bekerja sama sehingga menjadi sebab akibat yang bisa mengakibatkan diabetes tipe 2.

Penyebab dari resistensi insulin serta terhambatnya produksi insulin adalah akibat dari zat inflamasi dimana keduanya bisa mengganggu regulasi gula darah. Dalam jangka panjang resistensi insulin ini bisa membuat peradangan menjadi lebih kronis.

Semenkovich mengatakan, “Fakta ini memperlihatkan bahwa usus memiliki peran yang sangat penting dalam patogenesis diabetes, yang bisa menjelaskan alasan kenapa ada¬† banyak penderita diabetes yang mempunyai banyak keluhan yang berhubungan dengan pencernaan. Diare dan nyeri perut adalah masalah yang biasa dialami oleh mereka”

Pada langkah berikutnya, para peneliti ingin mengetahui apakah sintase asam lemak yang rusak pada pasien diabetes bertindak dengan cara yang sama seperti pada tikus.

Bila demikian, mungkin obat baru dapat dikembangkan untuk mempromosikan sintase asam lemak.

Leave a Reply