Obat Diabetes Tidak Merusak Ginjal

posted in: Blog | 0

Obat diabetes tidak merusak ginjal, Diabetes merupakan penyakit yang kronis dan seseorang yang sudah terkena penyakit ini bisa dibilang harus menjalani perawatan yang lama serta sulit disembuhkan. Meski demikian anda tidak perlu terlalu khawatir karena penyakit diabetes bisa dikendalikan.

Selain mengendalikan kadar gulanya dengan suntik insulin atau mengonsumsi obat, pasien juga harus menjalani gaya hidup yang sehat.

dr.Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD memberikan saran bahwa syarat penting dalam pengendalian gula darah adalah dengan mematuhi konsumsi obat.

Dalam acara media edukasi pada peringatan Hari Diabetes Sedunia di Jakarta beberapa waktu yang lalu dr.Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD juga menambahkan, “Seperti halnya penyakit hipertensi atau pun lupus, pasien terkadang harus terus menerus rutin mengonsumsi obat”

Menurut dr. Tri Juli, walau demikian hampir semua penderita diabetes merasa khawatir jika obat-obatan yang mereka konsumsi bisa mengakibatkan kerusakan ginjal dalam jangka panjang.

Pengajar dari Divisi Metabolik Endokrin FKUI (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) ini juga menambahkan . “Obat-obatan yang dipakai dalam waktu lama seperti diabetes, hipertensi, atau pengencer darah, sudah diset aman untuk ginjal”.

d.r Tri Juli menjelaskan bahwa dokter akan menyesuaikan obat yang diberikan apabila pasien sebelumnya sudah menderita gangguan ginjal.

d.r Tri Juli juga menjelaskan bahwa kerusakan ginjal yang dialami oleh pasien adalah karena memiliki kadar gula darah yang tinggi selama bertahun-tahun dan bukan karena obat-obatan yang dikonsumsinya.

Diabetes termasuk penyakit yang sangat serius karena penyakit ini bisa mengakibatkan saraf, pembuluh darah dan struktur internal lainnya mengalami kerusakan.

“Karena termakan mitos yang salah, termasuk dalam soal obat, banyak pasien yang takut berobat dan malah terjadi komplikasi,” imbuhnya.

Leave a Reply