Penderita Diabetes Masih Boleh Puasa

posted in: Artikel | 0

Di bulan ramadhan yang penuh berkah ini kita sebagai umat muslim harus bisa menjalankan ibadah puasa dengan sepenuh hati dan benar-benar memperhitungkan kesiapan fisik dan mental selama sebulan penuh.

Puasa bukan halangan bagi penderita diabetes karena diabetesi (istilah bagi penderita diabetes) juga bisa menjalankan ibadah puasa dengan aman selama sebulan penuh selama memiliki gaya hidup yang sehat dan tidak berlebihan dalam hal pola makan.

Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD (Staf Akademik, Divisi Endokrinologi, Departemen Kedokteran, UI mengatakan bahwa seseorang yang menderita penyakit diabetes masih bisa menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh selama dia bisa disiplin menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.

Langkah awal yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter pribadi.

Dalam sebuah wawancara dalam suatu acara kesehatan yang dilakukan di Jakarta pada beberapa waktu yang lalu, Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD mengatakan bahwa sebelum melakukan ibadah puasa penderita diabetes harus bisa mengenali batas kemampuan diri apakah dirinya bisa menjalani ibadah puasa dan usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi 3 bulan sebelum melakukan ibadah puasa.

Langkah penting kedua yang harus diperhatikan oleh diabetesi yaitu pola makan harus benar-benar teratur karena melalui pola makan yang sehat dan teratur inilah maka kandungan gula darah dalam tubuh bisa tetap stabil.

“Konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral saar sahur dan berbuka, serta cukupi asupan air putih. Inilah yang menjadi kunci dari keseimbangan gula darah selama berpuasa,” ungkapnya.

Langkah lain yang harus diperhatikan penderita diabetes adalah dengan mengatur jadwal minum dan suntik obat termasuk dengan penderita diabetes yang menjalani perawatan dengan suntik insulin.

Pengobatan diabetes ini bisa dilakukan pada saat berbuka puasa dan sahur dan jika memingkinkan bisa ditambah pada saat menjelang tidur malam.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna tidak ada salahnya untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh untuk memastikan keamanan dan kenyamanan supaya ibadah puasa bisa berlangsung dengan lancar.

Leave a Reply