Tips Pola Makan Penderita Diabetes

posted in: Artikel | 0

Seringkali para penderita diabetes harus pintar dalam mengatur pola makan dalam kehidupan sehari-hari supaya kadar gula dalam tubuh tidak mengalami naik turun secara drastis.

Maka dari itu mereka menganggap bahwa hal ini adalah masalah utama yang harus dialami ketika menderita penyakit diabetes karena tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan seperti orang-orang yang dalam kondisi normal atau sehat.

Luciana B Sutanto (Ketua INA – Indonesia Nutrition Association) mengungkapkan bahwa sebenarnya pola makan antara orang normal dan orang yang menderita diabetes tidak jauh berbeda.

“Sebenarnya prinsipnya sama yang penting asupan gizi harus seimbang semua,” ucap Luciana B Sutanto dalam suatu acara di peluncuran Apta Glukofit di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan.

Luciana B Sutanto juga menambahkan bahwa hal yang sering terjadi adalah para penderita diabetes biasanya makan sebanyak 3 kali dalam sehari seperti layaknya orang normal dengan urutan selingan sebanyak 3 kali yaitu makan besar, makan kecil, dan makan besar.

Contoh dari makan besar yaitu sarapan pagi dengan menggunakan menu yang terdiri dari roti yang ditambahkan dengan telur dan sayuran hijau sedangkan untuk menu selingan bisa ditambahkan dengan mengonsumsi susu.

Diungkapkan oleh Luciana bahwa untuk makan siang bisa dengan menggunakan menu makanan yang lengkap yang terdiri dari nasi putih, lauk pauk, sayuran hijau dan buah-buahan.

Untuk menu selingan bisa dengan mengonsumsi kue, buah atau sayuran. Sedangkan untuk menu makan malam bisa dengan menggunakan menu yang terdiri dari mie yang ditambahkan dengan lauk pauk dan sayur, sedangkan selingan pada malam hari bisa dengan mengonsumsi susu.

Tentunya bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi gula dalam kadar porsi yang berlebihan atau keseringan.

“Boleh mengonsumsi gula namun jangan dalam porsi yang banyak. Sebenarnya untuk kebutuhan gula sudah tercukupi dalam buah dan sayuran namun tidak dengan kadar gula dalam minuman.” terang Luciana.

Bukan hanya itu saja karena Luciana juga memberikan pesan terakhir bahwa bagi para penderita diabetes disarankan jika mengkonsumsi makanan utama sebaiknya ada bahan sayuran dan menghindari jenis makanan yang termasuk dalam kategori mengandung indeks gligamik yang tinggi.

“Di dalam menu makanan utamanya harus ada sayur pilih karbohidrat komplek. Hindari makanan indeks gligamiknya tinggi dalam jumlah banyak seperti donat, minuman kopi bergula dan biskuit yang tidak mengandung serat,” jelasnya.

Leave a Reply